Visi Misi Sekolah

VISI, MISI, dan TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

A.  VISI

Kurikulum operasional SMP Negeri 4 Purwantoro ini disusun agar penyelenggaraan kegiatan sekolah dapat terlaksana sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan sangat memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan, diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat; globalisasi yang memungkinkan arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor, serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia; berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan; dan era perdagangan bebas.

Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh semua stake holdersehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Negeri 4 Purwantoro adalah:

“Terwujudnya peserta didik SMP Negeri 4 Purwantoro yang unggul dalam prestasi, berdasarkan Iman dan Taqwa, berbudi pekerti luhur,  dan berwawasan lingkungan”

B. MISI

  1. Mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik
  2. Mewujudkan peserta didik yang memiliki ketrampilan bernalar kritis, kreatif, inovatif dan bertindak secara kolaboratif.
  3. Menciptakan budaya literasi dan kemampuan numerasi bagi peserta didik
  4. Melaksanakan proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler secara efektif, kreatif, menantang, dan menyenangkan
  5. Menyelenggarakan kegiatan P5 untuk meningkatkan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Melaksanakan kegiatan pembiasaan untuk meningkatan kemampuan social emosional peserta didik
  7. Mewujudkan iklim sekolah yang sehat, hijau, bersih, aman dan nyaman
  8. Membiasakan peserta didik melakukan praktik baik untuk penguatan karakter dan peduli lingkungan
  9. Melaksanakan kegiatan pembiasaan jumat religi (jumat iman, jumat bersih, jumat sehat, jumat literasi)
  10. Mewujudkan peserta didik yang berperilaku religius yang membudaya sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

C. TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

  1. Terwujudnya kinerja/prestasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas pokok dan tambahan di sekolah dengan senantiasa menyesuaikan tuntutan kompetensi dan kebutuhan sesuai perkembangan zaman.
  2. Terwujudnya proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif, inovatif dan bertindak secara kolaboratif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
  3. Terciptanya sekolah sebagai lingkungan belajar yang nyaman, aman dan menyenangkan
  4. Terwujudnya pembelajaan yang berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan asesmen awal.
  5. Terwujudnya peserta didik yang berkarakter sesuai dengan profil pelajar pancaasila.
  6. Terwujudnya peserta didik yang memliki kecakapan dalam berkomunikasi social, berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri.
  7. Terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan.
  8. Terwujudnya peserta didik yang mempunyai life skill yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.
  9. Terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertakwa dalam suasana religious dan saling toleran.
  10. Terbudayanya peserta didik yang senantiasa berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.