Pendaftaran Calon Guru Penggerak(CGP) dan Calon Pengajar Praktik(CPP) program pendidikan Guru Penggerak(PGP) angkatan 7 sedang berlangsung. Untuk menambah informasi tentang gambaran menjadi CGP dan CPP, SMPN 4 Purwantoro mengadakan kegiatan “Coaching Clinic Calon Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2022 di Ruang Aula SMP Negeri 4 Purwantoro. Kegiatan Coaching Clinic ini menghadirkan narasumber Guru Pengajar Praktik di Kabupaten Wonogiri sekaligus Kepala SMPN 1 Puhpelem Witono
Dalam Sambutannya Kepala SMPN 4 Purwantoro Retno Hartini menyampaikan Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada nara sumber “Witono”. Retno Hartini mengatakan bahwa untuk meningkatkan animo bagi guru SMPN 4 Purwantoro untuk mengikuti Program PGP maka perlu diadakan sebuah kegiatan yang mampu mewadahi hal tersebut. Salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan Coaching Clinic. Dalam kegiatan coaching clinic akan diberikan sosialisasi dan pembimbingan singkat terkait dengan Program PGP, tata cara perekrutan dan pendaftaran peserta.
Lebih lajut Retno Hartini juga menyampaikan bahwa Program PGP diselenggarakan dalam rangka memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.
Sebelum memaparkan materi terkait CPG dan CPP Witono menyampaikan implementasi kurikulm merdeka, menurutnya kurikulum merdeka berbasis pada perubahan prilaku dan kecakapan hidup. Ada diferensiasi dalam pembelajaran yang disesuiakan dengan kemampuan atau penguasaan peserta didik masing-masing.
Dalam paparan materi CPG dan CPP Witono menyampaikan bahwa Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Program ini adalah berumunculannya Guru Penggerak. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak diharapkan mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru Penggerak juga mampu menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.