In House Training ( IHT) Model Pembelajaran PBL dan PJBL

In House Training (IHT) adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya. IHT ini tentu saja sangat penting sebagai salah satu dari CPD (Continuous Proffesional Development) yang harus senantiasa dilakukan oleh guru untuk menjaga kualitas mereka.

Mengawali Semester 2 tahun pelajaran 2021/2022, SMP Negeri 4 Purwantoro kembali mengadakan In House Training ( IHT) Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2021 bertempat di Ruang Pertemuaan SMP Negeri 4 Purwantoro. Kegiatan dimulai dari pikul 08.00 sampai pukul 14.00, Yang bertindak sebagai Narasumber tunggal pada kegiatan IHT ini adalah Slamet Riyadi, selaku Pengawas pembinaan SMPN 4 Purwantoro.

Kegiatan IHT ini dibuka oleh Retno Hartini selaku Kepala SMPN 4 Purwantoro.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “IHT merupakan sebagi bekal atau persiapan kegiatan pembelajaran semester 2, IHT kali ini sengaja memilih materi tentang Metode Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) Dalam Pelaksanaan dan Proses Penilaian karena diharapkan nanti kedepan metode PBL dan PJBL bisa menggantikan metode yang lama dalam meningkatkan mutu pembelajaran”

Lebih lanjut lagi Retno Hartini juga menyampaikan bahwa ” Tugas Guru tidak hanya mengajar tetapi lebih diutamakan bisa mengubah Peserta Didik menjadi yang lebik baik atau menjadi pelajar pancasila, sebagai seorang guru harus berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilan kegiatan pembelajaran”.

Kegiatan Workshop diikuti oleh semua guru SMP Negeri 4 Purwantoro. Dalam paparannya, Slamet Riyadi menyampaikan materi IHT secara gamblang dan jelas, diantaranya beliau menyampaikan metode-metode pembelajaran dalam  kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik. Beliau juga menyampaikan secara jelas tentang langkah-langkah atau sintak dalam masing-masing metode pembelajarn PBL dan PJBL. lebih lanjut lagi beliau juga menyampaikan contoh-contoh bagaimana menyusun RPP yang menggunakan metode PBL mulai dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaranya sampai dengan bagaimana membuat penilaianya. 

Dalam kegiatan ini para guru antusias mengikuti IHT dengan pemaparan dan penjelasan detail, terbukti saling bertanya dan berlatih apa yang telah disampaikan oleh pemateri. Kegiatan workshop ini diakhiri dengan penyusunan RRP dengan menggunakan metode PBL oleh guru-guru SMPN 4 Purwantoro secara kelompok sesuai mapel masing-masing dan kemudian dilakukan presentasi dari hasil diskusi terkait RPP , sehingga diharapkan setelah selesai kegiatan semua guru sudah siap melaksanakan tugas pembelajaran di kelas dengan persiapan yang maksimal